Senin, 03 Desember 2012

ANALISIS KINERJA JOKOWI AHOK



5 TEROBOSAN JOKOWI SOAL PASAR TRADISIONAL

              Sejak menjabat menjadi Gubernur DKI, Joko Widodo sudah melakuka sejumlah terobosan soal pasar di DKI. Sebagian ada yang memperhatikan nasib PKL, sementara lainnya menyangkut fasilitas pasar.
5 Kebijakan Jokowi Ahok menyangkut pasar selama 22 hari terakhir. Meski ada yang dalam tahap perencanaan, namun sedikit demi sedikit perbaikan mulai terlihat.

              Berikut lima kebijakan tersebut :
  1. Memasuki PKL ke Mal
            Jokowi Ahok membuat terobosan soal kebijakan tekait pedagang kaki lima (PKL) di trotoar. Mereka akan ditertibkan dan memasukkan ke mal. Tidak hanya di mal, para PKL juga akan dimasukkan ke Pasar Jaya, gedung perkantoran dan sekolah. Diperkirakan jumlah PKL yang akan dimasukkan ke mal dan sejumlah tempat lainnya ada 300 ribu pedagang.
Untuk tempat mal,pasar,gedung-gedung, atau sekolah yang aka diisi PKL, sistem penempatannya akan adil. Mereka semua akan diundi.

     2. Gratis Sewa Kios selama 6 Bulan
            Jokowi Ahok akan menggratiskan sewa kios selama enam bulan. Biaya akan disubsidi oleh pemerintah DKI. Proses sosialisasa sudah berjalan. Sedikitnya saat ini ada 15 ribu kios kososng di pasar. Untuk mendapatkan kios, akan dilakukan pengundian. Bila mendapat lokasi yang bagus, maka itu keberuntungan. Namun yang lain juga bisa menunggu. Dengan program ini, diharapkan dapat mengubah manajemen PKL menjadi pedagang formal.

    3. Buruh Outsourcing jadi Pedagang
            Jokowi akan membuat banyak pasar agar buruh beralih profesi menjadi pedagang. Program ini diharapkan tak membuat buruh terus-terusan jadi outsourcing. Pedagang nantinya tidak diminta untuk membeli kios, Mereka hanya akan diminta untuk membayar retribusi harian.

    4. Peremajaan 4 Pasar
            Jokowi Ahok meminta PD Pasar Jaya melakukan peremajaan terhadap empat pasar di Jakarta. Pasar itu adalah Pasar Minggu, Pasar Rumput, Pasar Jati Rawasari dan Pasar Cempaka Putih.

    5. Apartemen di Atas Pasar
            Saat pertemuan antara Pemprov DKI dan PD Psar Jaya, dibahas soal konsep apartemen murah diatas pasar. Program ini dibuat untuk memudahkan kebutuhan hidup para pedagang. Ahok tertarik membuat konsep ini di Pasar Rumput. Pasar dan para pedagang tetap berjualan, tapi dibuat apartemen diatasnya.
Nantinya dengan konsep apartemen diatas pasar itu, warga yag tinggal di pinggiran sungai atau tempat kimuh aka diajak tinggal diapartemen murah itu. Mereka tentu mau kalau rumah mereka berada di dekat tempat kerja.


Sumber : Detik.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar